Pegiat Literasi

Pegiat Literasi

Wah wah wah sepuluh menit dikurangi gaptek buka leptop sekian menit. Merangkum yang disampaikan oleh dua orang pemateri. Ada beberapa yang juga telah terlintas di benakku sekian lama. Misal aku ingin menjadi pegiat literasi meskipun profesi bukan guru. Ingin mendekati generasi dari berbagai kalangan. Bisa anak usia SD, SMP, SMA maupun segala lini. Kesimpulannya mengajak pada siapapun yang mau belajar menulis, memotivasinya untuk memulai.

 

Misal tadi Pak Ernaz menceritakan seorang guru SD di Jawa Timur. Mengajak muridnya untuk menulis tentang cerita kesehariannya. Jadi pak guru tersebut menggiring siswa agar tidak bisa mengelak, semua insan pasti pasti punya cerita. Setelah semua siswa SD menulis, guru tersebut lalu merangkumnya menjadi kumpulan cerita, diketikmrapi. Berikutnya mengikuti proses dan terbit sebagai buku.

 

Saya tertegun, ternyata banyak orang yang punya pemikiran yang sama tentang sesuatu. Kali ini mengenai langkah nyata menjadi pegiat literasi. Virus positif yang wajib ditularkan, disebar luas ke seluruh penjuru negeri. Kapan ya kegiatan ini bisa mulai saya lakukan. Ide sudah lama hadir, membagi waktu yang belum terlaksana. Keberanian dan percaya diri sudah bukan hambatan.

 

Nantilah setelah selesai kuliah RPL D3 Farmasi aku harus segera memulai. Nggak perlu jauh-jauh, ajak dulu anak tetangga sekitar. Merambah ke anak teman dan kenalan. Bisa juga mengajak menulis para petani yang menanam padi dan polowijo di depan rumah. Memang mereka pasti enggan menulis dengan pensil dan kertas. Aku yang harus mendampingi, mengabadikan apa yang dituturkan dan merangkumnya dalam tulisan. Wah mesti isinya asyik, menguak sejarah masa lampau yang dikupas kembali. Mumpung sawah depan rumah belum berubah menjadi perumahan. Ataupun berubah fungsi untuk keperluan lain.

 

Hai hai aku bukan siapa-siapa, tapi seorang yang ingin membangun personal brading. Tak ingin usiaku sirna tak bermakna. Tidak. Hidup harus mempertanggung jawabkan karunia nyawa. Ya Rabb bimbing jemari ini untuk menjadi pegiat literasi seberapapun yang aku mampu. Terus maju pantang  mundur.