SELAMAT DATANG RAMADHAN

SELAMAT DATANG RAMADHAN

                Ramadhan 1440 hijriyah insyaallah akan jatuh pada tanggal 05 Mei 2019. Kita senantiasa bermohon kepada Alloh swt sejak dua bulan yang lalu dengan melafadzkan aloohumma bariklana fi rajaba, wasya’bana wabalighna Ramadhan. Ya alloh berkailah kami di bulan Rajab, di bulan Sya’ban dan sampaikanlah umur kami sampai dengan bulan Ramadhan.

                Alloh perintahkan kepada orang-orang beriman untuk melaksanakan puasa sebagaimana di orang-orang terdahulu, agar menjadi orang-orang yang bertaqwa. Puasa bukan sekadar menahan makan minum, tidak hubungan suami istri di siang hari dan hal-hal yang membatalkan puasa, namun puasa harus dapat mengendalikan diri menahan amarah, tidak menggunjing, tidak menyakiti hati orang lain dan sebagainya.

                Kita persiapkan diri dengan mental yang kuat dan fisik yang sehat. Keyakinan akan berkah, ampunan dan berbagai hikmah akan dapat kita dapatkan dari puasa di bulan Ramadhan. Kesehatan fisik badan kita akan memfokuskan fikiran kita, kita akan tumakninah melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah di bulan Ramadhan. Kita atur acara harian, mingguan bahkan satu bulan di Ramadhan itu. Aktivitas yang tidak penting yang dapat ditunda kita atur untuk waktu yang lain di uar Ramadhan nanti

                Ramadhan bulan untuk meningkatkan ketaqwaan dan menyehatkan badan,terlebih dari menyehatkan mental rahani kita. Ayo kita sambut dengan suka cita, gembira, marhaban ya Ramadhan.  Pada jiwa yang sehat insyaalloh jasad akan sehat. Terbukti sakit-sakitnya orang sekarang di poliklinik penyakitdalam rumah sakit, mereka rata-rata berpenyakit karena dari pola makan dan pikiran. Pikiran yang terlalu berat dan menimbulkan kecemasan akan menimbulkan berbagai gejala penyakit. Tidak lupa….. pola makan yang berlebihan,   makan tidak teratur  dan   makanan yang tidak berkualitas akan berpengaruh terhadap kesehatan.

Ibroh ciptan Alloh swt, dari hewan ulat, yang dulunya jelek berkarakter tercela dan tidak disukai manusia, setelah puasa berubah menjadi kepompong dan kupu-kuou yang disukai banyak manusia. Ayo sehat   ayo sehat di bulan Ramadhan.  Semoga kita menjadi orang yang bertaqwa dan syurga harapannya.